Posted by: Bocah Tulungagung | December 21, 2010

Pengertian Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang mengolah informasi” atau “sistem pengolah informasi.”

Dalam komputer(CPU) juga terdapat macam-macam komponen termasuk beberapa seperti:

Memory
Memori adalah bagian komputer yang terdiri dari IC-IC dan chip yang berfungsi sebagai tempat menyimpan ingatan atau pada komputer data. Ukuran pada memori terdiri dari bit dan byte. 1 byte setara dengan 8 bit, dan 1 Kilobyte setara dengan 1024 byte, aneh khan, tapi ini hitungan yang ada pada memori karena menganut hitungan n2, jadi nggak bisa genap jadi kelipatan 10.

A. Register memory
Memori yang sangat cepat dalam transfer datanya, bertugas membantu operasi yang dilakukan pemroses, …

B. Chache memory
cache memori adalah memori berkapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih mahal daripada memiri utama. Cache memori ini ada diantara memori utama dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memori utama agar kinerja dapat ditingkatkan

a) Cache Memori yang terdapat pada internal processor, Cache memori jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi, dan harganya sangat mahal. Hal ini bisa terlihat pada processor yang berharga mahal. semakin tinggi kapasitas cache memori maka semakin mahal dan semakin cepat processor.

b) Cache memori yang terdapat diluar processor, yaitu berada pada motherboard. Cache memori jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi, meskipun tidak secepat cache memori jenis pertama (yang ada pada internal processor).semakin besar kapasitasnya maka semakin mahal dan cepat. Hal ini bisa kita lihat pada motherboard.

Memory Utama
Memori utama merupakan media penyimpanan dalam bentuk array yang disusun word atau byte, kapasitas daya simpannya bisa jutaan susunan. Setiap word atau byte mempunyai alamat tersendiri. Data yang disimpan pada memori utama ini bersifat volatile, artinya data yang disimpan bersifat sementara dan dipertahankan oleh sumber-sumber listrik, apabila sumber listrik dimatikan maka datanya akan hilang. Memori utama digunakan sebagai media penyimpanan data yang berkaitan dengan CPU atau perangkat I/O.

A. RAM
Random Access Memory (RAM), merupakan bagian memory yang bisa digunakan oleh para pemakai untuk menyimpan program dan data. Kebanyakan dari RAM disebut sebagai barang yang volatile. Artinya adalah jika daya listrik dicabut dari komputer dan komputer tersebut mati, maka semua konten yang ada di dalam RAM akan segera hilang secara permanen. RAM terbagi 2 jenis yaitu:

a) SIMM (Single Inline Memory Module)
Mempunyai kapasitas 30 atau 72 pin. Memori SIMM 30 pin untuk kegunaan PC zaman 80286 sehingga 80486 dan beroperasi pada 16 bit

b) DIMM (Dual Inline Memory Module)
Berkapasitas 168 pin, kedua belah modul memori ini aktif, setiap permukaan adalah 84 pin. Ini berbeda daripada SIMM yang hanya berfungsi pada sebelah modul saja.

B. ROM
ROM singkatan dari Read Only Memory yang merupakan sebuah istilah untuk media penyimpanan data dan salah satu memori yang ada pada teknologi komputer. ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan didalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.

Memory Sekunder
Memori sekunder merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program.

A. Harddisk
Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan.

B. Floppy Disk
Floppy disk merupakan alat untuk membaca data dalam bentuk disket

C. CD, DVD (ROM)
CD, DVD (ROM) merupakan alat untuk membaca data yg berada di dalam suatu CD (compact disc).

Mainboard / Motherboard
Terutama sekali, sedikitnya ada 7 hal yang harus diperhatikan pada sebuah motherboard.
Ketujuh komponen tersebut adalah :

1. Chipset
2. Tipe CPU
3. Slot dan tipe memori
4. Cache memory
5. Sistem BIOS
6. Slot ekspansi
7. Port I/O

Dari sinilah sesungguhnya problem pada sebuah system PC bisa dilacak atau dideteksi. Kerusakan di luar 7 komponen tersebut biasanya jarang terjadi. Kemungkinan yang lain, bila ketujuh komponen ini terlihat beres-beres saja, patut diduga bahwa masalahnya terletak pada arsitektur motherboard itu sendiri, entah sirkuit-sirkuitnya, atau komponen-komponen yang dipergunakannya.

Socket Processor
jenis konektor prosessor (slot/socket) menentukan jenis prosessor yang dapat digunakan dan batasan upgrade dari prosessor. Contoh Socket 478 dapat dipakai untuk semua prosessor kelas Pentium 4 dan Celeron 4 dengan FSB 400, 533 dan 800 Mhz.

Slot CNR
jenis konektor prosessor (slot/socket) menentukan jenis prosessor yang dapat digunakan dan batasan upgrade dari prosessor. Contoh Socket 478 dapat dipakai untuk semua prosessor kelas Pentium 4 dan Celeron 4 dengan FSB 400, 533 dan 800 Mhz.

A. Slot AMR
slot AMR2 AMR3 adalah sebuah slot ekspansi pada motherboard audio untuk perangkat (seperti kartu suara) atau modem diluncurkan pada tahun 1998 dan hadir dalam piring Intel Pentium III, Intel Pentium IV AMD Athlon. Ini dirancang oleh Intel sebagai antarmuka dengan berbagai chipset untuk menyediakan fungsionalitas analog I / O yang memungkinkan komponen-komponen yang digunakan kembali dalam posterioreres piring tanpa harus melalui proses sertifikasi baru dari FCC (dengan biaya dan waktu ekonomi terlibat).

B. Slot VGA
VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

C. Slot Memory
Slot jenis DDR DIMM atau RIMM adalah pilihan yang terbaik karena mendukung kapasitas memori lebih besar. Untuk kecepatan, memori terbaik adalah DDR SDRAM atau RDRAM, tetapi RDRAM lebih mahal.

D. Slot DIMM
Sebuah DIMM, atau dual in-line modul memori, terdiri dari serangkaian akses memori acak dinamis sirkuit terpadu . These modules are mounted on a printed circuit board and designed for use in personal computers , workstations and servers . Modul-modul yang terpasang pada papan sirkuit cetakan dan didesain untuk digunakan di komputer pribadi , workstation dan server . DIMMs began to replace SIMMs (single in-line memory modules) as the predominant type of memory module as Intel ‘s Pentium processors began to gain market share. DIMM mulai menggantikan SIMM (single in line modul memori) sebagai jenis utama dari modul memori Intel ‘s Pentium prosesor mulai meraih pangsa pasar
Jenis DIMM paling umum adalah:

1.72-pin SO-DIMM (not the same as a 72-pin SIMM), used for FPM DRAM and EDO DRAM 72-pin SO-DIMM (tidak sama dengan yang 72-pin SIMM), yang digunakan untuk FPM DRAM dan EDO DRAM

2.100-pin DIMM, used for printer SDRAM 100-pin DIMM, digunakan untuk printer SDRAM

3.144-pin SO-DIMM, used for SDR SDRAM 144-pin SO-DIMM, yang digunakan untuk SDR SDRAM

4.168-pin DIMM, used for SDR SDRAM (less frequently for FPM/EDO DRAM in workstations/servers) DIMM 168-pin, yang digunakan untuk SDR SDRAM (kurang sering untuk FPM / EDO DRAM dalam workstation / server)

5.172-pin MicroDIMM , used for DDR SDRAM 172 pin MicroDIMM , digunakan untuk DDR SDRAM

6.184-pin DIMM, used for DDR SDRAM 184-pin DIMM, yang digunakan untuk DDR SDRAM

7.200-pin SO-DIMM, used for DDR SDRAM and DDR2 SDRAM 200-pin SO-DIMM, digunakan untuk DDR SDRAM dan DDR2 SDRAM

8.204-pin SO-DIMM, used for DDR3 SDRAM 204-pin SO-DIMM, yang digunakan untuk DDR3 SDRAM

9.214-pin MicroDIMM, used for DDR2 SDRAM 214-pin MicroDIMM, digunakan untuk DDR2 SDRAM

10.240-pin DIMM, used for DDR2 SDRAM, DDR3 SDRAM and FB-DIMM DRAM 240-pin DIMM, digunakan untuk DDR2 SDRAM, DDR3 SDRAM dan FB-DIMM DRAM

E.Slot SIMM
Slot untuk menyambung memori untuk meningkatkan kapasiti RAM (random-access memory). Berguna sebagai penambah jumlah /kecepatan kerja RAM atau membantu kerja DIMM

F.Slot ISA
ISA (Industry Standard Architecture) adalah sebuah arsitektur bus data selebar 8-bit yang diperkenalkan dalam IBM PC 5150 bus ISA. Yang sering beredar pun terbagi menjadi dua bagian, yakni ISA 16-bit dan ISA 8-bit.

G.Chipset Mainboard
Chipset motherboard adlah tempat melekatnya chipset yang mendukung memori SDRAM DIMM atau RDRAM RIMM, AGP slot 4X minimal dan harddisk ATA 100 minimal.

H.Baterai BIOS
Fungsi utama baterai BIOS untuk memberikan energy/arus agar dapat melkukan proses kerja BIOS atau melakukan settingan terhadap sebuah mainboard.

I.ICB BIOS
IC Controller yang berfungsi untuk menyimpan data-data perangkat (device) beserta setting-nya yang digunakan pada Server. Dengan BIOS, maka waktu booting server (inisialisasi) akan lebih cepat karena Processor tidak perlu membaca device satu per-satu untuk mengenali fungsi masing-masing perangkat itu.

J.Jumper dan Switch
pasangan koneksi menggunakan kabel twisted pair tanpa adanya konektor pada beberapa ujungnya yang digunakan untuk menghubungkan jalur telekomunikasi melalui suatu koneksi silang.

K.Port serial
Port serial merupakan antara muka pada sistem komputer, di mana maklumat dihantar dan diterima satu bit pada setiap masa (berlawanan dengan port selari). Dalam sejarah komputer peribadi, kebanyakan pemindahan data menggunakan port sesiri dilaksanakan menggunakan piawaian RS-232 menerusi kabel ringkas yang menghubungkan komputer kepada peranti seperti terminal atau modem. Tetikus, papan kekunci dan peranti-peranti lain juga disambungkan kepada hos tersendiri melalui cara ini.

L.Port Paralel
port yang paling umum digunakan untuk antarmuka rumah dibuat Proyek-proyek ini. Port akan memungkinkan masukan sampai 9 bit atau output dari 12 bit pada salah satu waktu tertentu, sehingga minimal membutuhkan sirkuit eksternal banyak melaksanakan tugas sederhana

M.Interface IDE
IDE adalah yang pertama untuk mempopulerkan mengintegrasikan kontroler logika ke hard disk itu sendiri. This change corrected many of the problems that had been associated with hard disks up to that point, such as poor signal integrity, complexity and the need for every controller to be “generically” capable of dealing with any hard disk. Perubahan ini mengoreksi banyak masalah yang telah dihubungkan dengan hard disk sampai saat itu, seperti integritas sinyal miskin, kompleksitas dan kebutuhan setiap controller menjadi “generik” yang mampu menangani dengan hard disk. You can read more about the logic board and its significance on this page . Anda dapat membaca lebih lanjut tentang dewan logika dan arti pentingnya di halaman ini . Here’s a (brief) bit of history of how integrated disk controllers, and the IDE/ATA interface itself, came about. Berikut adalah singkat) bit (sejarah tentang bagaimana terintegrasi kontroler disk, dan IDE / ATA interface itu sendiri, muncul.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: