Posted by: Bocah Tulungagung | February 22, 2011

Penggunaan Metode Variasi Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran PKn

BAB  I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Berdasarkan GBHN 1993 dinyatakan bahwa pada hakekatnya pemba-ngunan nasional bertujuan membangun manusia Indonesia seluruhnya yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Di mana prioritas pembangunan nasional diletakkan pada bidang ekonomi, sekaligus dengan peningkatan kua-litas sumber daya manusia Indonesia (Soeharto, 1994). Berangkat dari hal ini, maka pendidikan dapat dinyatakan memiliki peran yang teramat penting bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Upaya peningkatan kualitas pendidikan ditingkatan sekolah selanjut-nya terletak dipundak guru. Hal ini merupakan  tugas dan tanggung jawab gu-ru, sebab gurulah yang langsung membina siswa di sekolah melalui proses ke-giatan belajar mengajar. Layanan bimbingan di sekolah sangat diperlukan guna membantu siswa dalam mengatasi permasalahannya, dalam masalah belajar atau masalah pribadi siswa (Pedoman BP SD, 1994:17).

Tugas guru yang utama adalah mengajar, yaitu menyampaikan atau mentransfer ilmu kepada anak didiknya. Oleh karena itu seorang guru Sekolah Dasar (SD) dituntut untuk menguasai semua bidang studi. Namun hasil perolehan nilai beberapa mata  pelajaran dalam kenyataannya  masih ada yang belum memenuhi standar, tidak terkecuali untuk mata pelajaran PKn. Berdasarkan pengalaman peneliti hal ini disebabkan oleh, teknik mengajar yang masih relatif monoton. Sejauh ini pembelajaran PKn di kelas mayoritas masih dilaksanakan dengan metode ceramah. Hal ini tidak menutup kemung-kinan menyebabkan interaksi pembelajaran yang  lebih melemahkan motivasi belajar siswa.

Motivasi belajar tidak akan terbangun apabila siswa masih merasa ke-sulitan dalam menerima pelajaran PKn, PKn dianggap sebagai pelajaran yang membosankan. Sehingga jangan disalahkan apabila di setiap jam pelajaran PKn siswa cenderung merasa enggan dan malas. Untuk mengantisipasi hal tersebut perlu ada solusi dalam penyampaian mata pelajaran PKn dengan menggunakan berbagai cara yang menarik yang ada kaitannya dengan ke-hidupan sehari-hari. Sunardi (2006:13) menyarankan untuk mengupayakan agar pelajaran PKn menyenangkan anak, sampaikan materi yang sudah dike-nal anak hingga anak percaya diri.

Pembelajaran PKn haruslah lebih berkembang, tidak hanya terfokus pada kebiasaan dengan strategi atau urutan penyajian sebagai berikut: diajarkan definisi, diberikan contoh-contoh dan diberikan latihan soal. Hal ini sangat memungkinkan siswa mengalami kesulitan dalam menerima konsep yang tidak berasosiasi dengan pengalaman sebelumnya. Dalam latihan soal sebaiknya dihadapi bentuk soal cerita yang mungkin terkait dengan terapan PKn atau kehidupan sehari-hari (Guntur Sumilih 2002:103).

Memperhatikan uraian di atas keadaan yang sama dialami juga oleh siswa SDN II Sumberagung, siswa masih merasa kesulitan, takut dan kurang berani bertanya terhadap hal-hal yang belum dipahami,  sementara itu peneliti kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Keadaan ini jika  dibiarkan ma-ka nilai pelajaran PKn akan semakin menurun dan gagal dalam memperoleh nilai ketuntasan minimal yang telah ditentukan. Untuk mengatasi masalah ter-sebut seorang guru harus mampu memberikan motivasi terhadap siswa melalui pengelolaan kelas yang menarik dan melibatkan siswa dalam menemukan konsep.

Pengalaman peneliti sebagai guru PKn di SDN II Sumberagung sebe-lum melaksanakan pembelajaran sudah berusaha maksimal, mulai dari per-siapan RPP, media hingga strategi pembelajaran dan pengelolaan kelas. Na-mun disisi lain peneliti sebagai guru memang masih cenderung menggunakan metode mengajar yang monoton yaitu metode ceramah, kondisi ini ternyata membuat siswa menjadi bosan, jemu dan tidak tertarik untuk belajar. Guru kurang mampu mengelola kelas dengan baik, sehingga banyak diantara siswa yang acuh tak acuh terhadap pembelajaran yang sedang dilakukan oleh guru bahkan sebagian diantaranya lebih sering mengerjakan tugas lain. Dalam pembelajaran guru tidak menggunakan alat bantu pembelajaran. Hal inilah yang diduga menyebabkan lemahnya siswa dalam memahami konsep-konsep dasar PKn, hal ini bisa dilihat dari hasil belajar yang rendah.

Untuk mengatasi hal tersebut perlu diupayakan langkah-langkah yang dapat dilaksanakan baik oleh siswa maupun guru. Guru hendaknya mengemas proses belajar mengajar dengan metode yang tepat dan menarik dalam penya-jiannya. Salah satu langkahnya adalah menggunakan metode variasi dan ban-tuan alat peraga. Menurut Holstein (1986: 67) media akan memperjelas dan membuat pelajaran menjadi lebih konkrit dan jelas bagi siswa. Pembelajaran dengan metode variasi akan menciptakan suasana belajar lebih hidup sehingga anak lebih termotivasi untuk belajar.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian tersebut diatas, rumusan masalah yang dapat disimpulkan adalah:

Bagaimana penggunaan Metode Variasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn kelas V SDN II Sumberagung Keca-matan Rejotangan Kabupaten Tulungagung?

  1. C. Tujuan Penelitian

Berdasarkan latar belakang, penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode variasi dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN II Sumberagung Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung.

D. Hipotesis Tindakan

Berdasarkan rumusan di atas maka hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.

“Jika metode variasi digunakan dalam pembelajaran PKn, maka hasil belajar siswa SD Negeri II Sumberagung Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung akan meningkat.

E. Manfaat Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat, diantaranya:

  1. Bagi Guru

Dapat memilih metode dan alat bantu pembelajaran yang sesuai.

  1. Bagi Siswa

1)      Dengan pembelajaran yang menyenangkan siswa bergairah belajar sehingga hasil belajar meningkat.

2)      Membangkitkan minat siswa untuk mempelajari PKn.

  1. Bagi lembaga (SD)

Memberikan masukan terhadap pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa.

Untuk lebih lengkapnya bisa anda download dengan klick di

http://www.ziddu.com/download/13914477/SkrisiPKn.pdf.html


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: